Anda Memiliki Fobia Terhadap Wanita Cantik? Yuk, Kenali Venustraphobia!

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya fobia. Fobia adalah rasa takut berlebih terhadap suatu hal tertentu. Jika masih sekadar takut dan tidak ingin melihat, bisa saja itu belum termasuk fobia. Fobia dibagi menjadi 3 jenis, yaitu fobia sosial, agorafobia, dan fobia spesifik.

Fobia sosial biasa disebut sebagai gangguan kecemasan sosial. Contoh, saat berbicara di depan umum, bertemu dengan orang baru, bahkan saat berbelanja. Fobia ini umumnya disebabkan oleh trauma psikologis saat masih anak-anak, memiliki sifat pemalu, dan memiliki pengalaman sosial yang kurang menyenangkan.

Agorafobia adalah fobia di mana penderita menghindari tempat atau situasi tertentu yang bisa membuat dirinya panik, takut, atau lemas. Contohnya, takut berada sendirian di tengah keramaian, takut meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, takut saat berada dalam mobil atau lift. Penderita yang memiliki fobia ini, apabila sudah parah, maka akan memilih untuk berada di rumah atau tempat yang membuatnya nyaman.

Untuk fobia spesifik adalah ketakutan terhadap suatu benda, hewan, situasi, dan aktivitas tertentu. Setiap orang mempunyai setidaknya satu atau dua macam fobia. Ada banyak macam fobia spesifik yang bisa ditemui, seperti fobia terhadap ular, fobia berada di tempat gelap, fobia tempat sempit, fobia terhadap ketinggian, fobia terhadap darah, fobia pada anjing, fobia pada laba-laba, dan masih banyak lagi. Salah satu fobia yang unik adalah venustraphobia.

Apa, sih, venustraphobia? Dilansir dari halaman healthdetik, venustraphobia adalah rasa takut berlebihan terhadap perempuan atau wanita cantik. Hal ini terjadi karena stimulan yang tidak wajar bagi pandangan umum. Penderita mengalami fobia ini bisa dikarenakan memiliki trauma atau masa lalu yang berkaitan dengan wanita cantik. Entah karena pernah dipukuli, patah hati, ditolak, dan lain sebagainya.

Venustraphobia atau dikenal dengan nama caligynephobia merupakan cabang dari gynephobia dan puellaphobia. Gynephobia adalah rasa takut berlebih pada semua wanita, sedangkan puellaphobia adalah rasa takut berlebih pada semua gadis. Fobia ini biasanya dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Menurut sebuah penelitian, sekitar 0,47% pria di Inggris dan 0,61 pria di Amerika memiliki fobia ini. Bisa dikatakan, venustraphobia adalah fobia yang langka di dunia.

Gejala venustraphobia bisa ditemukan jika penderita berdekatan dengan wanita cantik. Penderita akan merasa sulit bernapas, jantung berdebar-debar, merasa panik dan mual, dan tubuh gemetar disertai keringat dingin. Gejala yang muncul juga berbeda-beda pada penderita masing-masing. Hal ini bergantung pada tingkat parah atau tidaknya rasa takut yang dialami. Fobia ini bisa menjadi ancaman jika tidak ditangani oleh penderita.

Untuk penderita venustraphobia, bisa disembuhkan dengan beberapa metode di bawah ini. Berikut ulasannya!

  1. Energy Psychology

Energy Psychology adalah terapi pemulihan yang dilakukan dengan cara menggabungkan berbagai macam bentuk pemulihan terhadap fobia. Energy Psychology atau disingkat menjadi EP berfokus pada hubungan antara emosi, pikiran, dan perilaku.

  1. Neuro-Linguistic Programming

Terapi ini dilakukan dengan menggunakan kekuatan imajinasi untuk memprogram ulang rasa takut yang dihadapi oleh penderita.

  1. Hipnoterapi

Hipnoterapi merupakan terapi yang dilakukan kepada penderita dalam kondisi hipnosis di mana kondisi pikiran penderita masuk ke alam bawah sadar sehingga fobia akan diprogram ulang sehingga minimnya terjadi ketakutan.

Nah, itulah pengenalan singkat mengenai venustraphobia beserta cara pengobatannya. Apakah Anda salah satunya?

 

Kesehatan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*